Fakta Mengejutkan Tentang Gigi Rusak dan Cara Mengatasinya



Sebanyak 36 ribu anak-anak di bawah 16 tahun pergi ke rumah sakit setiap tahunnya untuk mencabut gigi karena gigi rusak dan lebih dari satu juta balita setidaknya dua kali. Para ahli percaya, popularitas jus buah yang sebagian harus disalahkan karena orangtua percaya kalau itu lebih sehat.

Tapi ketika sebuah penelitian menunjukkan 60 persen orang dewasa tidak menyikat gigi dengan benar, sudah saatnya kita kembali menyikat dengan teknik dasar.

Berikut rinciannya seperti dikutip Mirror, Jumat (8/2/2013).

1. Menyikat dengan teknik Anda

Rata-rata orang dewasa Inggris menyikat giginya hanya 40 detik, bukan dua menit seperti yang direkomendasikan. Karen Coates, Penasihat Gigi di British Dental Health Foundation mengatakan, penelitian menunjukkan sikat gigi elektrik, yang tidak dioperasikan dengan baterai bisa membersihkan 45 persen lebih efektif dalam membersihkan dibandingkan dengan sikat manual.

Dan untuk anak-anak ada cara yang menyikat gigi yang bisa diterapkan sejak dini. Namun, pilihlah sikat gigi yang membuatnya nyaman.
Anak-anak harus menggunakan sikat yang lembut dengan kepala kecil, ujung bulat dan pegangan yang membuat anak lebih mudah memegangnya.
Kepala sikat gigi panjangnya tidak lebih besar dibanding 1,5 cm (2cm untuk anak lebih 10 tahun dan 2,5 cm untuk orang dewasa).
Berikan anak-anak sikat gigi elektrik ketika siap (jangan kurang dari 3 tahun), tapi pilihlah model yang didesain khusus seperti Oral-B sesuai tahapan
2. Cara menyikat gigi dengan benar
Pertama, bagi area mulut menjadi empat bagian yang terpisah dan menghabiskan 30 detik pada setiap bagian. Miringkan kepala sikat hingga 45 derajat sehingga bulu sikat menghadap ke depan dan mulia dengan sudut yang jauh.
Sikat bagian luar atau permukaan bukal (dekat ke pipi & bibir), bagian lain yang terlihat ketika Anda senyum.
Gunakan gerakan melingkar dengan lembut untuk hitungan tiga detik per gigi jika menyikat secara manual.
Jika Anda menggunakan sikat gigi listrik, lakukan selama tiga detik dan terus pindah sepanjang gusi.
Ketika Anda mencapai gigi depan, kembali ke titik awal da membersihkan bagian dalam atau palatal permukaan gigi, masing-masing tiga detik.
Kembali ke awal untuk terakhir kalinya dan sikat permukaan yang menggigit atau "oklusal". Ulangi untuk semua bagian.
Spit tapi jangan dibilas dan jangan membasahi sikat sebelum sikat diberi pasta gigi yang menawarkan perlindungan ekstra flouride.
Tunggu setidaknya 30 menit sebelum makan atau minum.
3. Pasta gigi apa yang tepat?

"Apakah Anda menghabiskan 4 Poundsterling untuk merek premium atau 20 Poundsterling merek yang berharga, asalkan pasta gigi mengandung jumlah flouride yang optimum untuk melakukan pekerjaan yang sama," ujar Karen.

Untuk anak di bawah tiga, itu mengandung 1.000 ppm (parts per million) dari fluoride dan lebih dari tiga tahun seperti untuk orang dewasa yakni 1.350 sampai 1.500 ppm. Jika anak Anda tidak menyukai rasa kuat atau mint, cobalah rasa pasta buah.

Jika Anda memiliki gigi sensitif, mungkin bisa memilih pasta gigi desensitising, atau jika Anda memiliki penyakit gusi, gunakan yang mengandung bahan antibakteri. Namun, ini adalah tambahan opsional dan tidak benar-benar membersihkan gigi Anda lebih baik.

Juga, tidak ada pasta gigi "pemutih" karena pasta gigi tidak bisa mengandung bahan pemutih yang diperlukan untuk memutihkan," kata Dr Mervyn Druian dari London Centre for Cosmetic Dentistry.

"Jenis pasta gigi ini mengandung abrasif, yang menghilangkan noda, tetapi mereka tidak memutihkan gigi Anda."

Anak-anak hanya menggunakan olesan pasta, ukuran kacang cukup untuk orang dewasa. Lupakan iklan televisi yang menggambarkan pasta yang panjang.

4. Mengapa flossing bukan pilihan

Sebanyak 40 persen gigi tak bisa dicapai dengan menyikat, itu penting bagi orang dewasa untuk menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari. Lakukan ini sebelum menyikat sehingga setiap partikel bisa dihilangkan.

Anda juga bisa mencoba sikat gigi interdental dan flosser udara dan air.

Sementara obat kumur adalah bagian dari setiap rutinitas kebersihan gigi yang baik. Tidak ada bukti klinis bahwa obat kumur berbahan alkohl menyebabkan kanker mulut, kata Karen, meskipun bilasan yang mengandung chlorhexidine bisa bernoda. Pilihkan yang diformulasikan khusus untuk anak-anak.

5. Ketika menyikat

Jangan menyikat langsung gigi setelah makan, Anda harus menunggu setidaknya satu jam karena makanan menghasilkan asam plak yang melemahkan enamel gigi dan menyikat segera setelah itu hanya membuat enamel melemah.

Jika Anda tidak bisa menunggu satu jam (dibutuhkan ini lama untuk pH mulut untuk menyeimbangkan setelah makan), itu jauh lebih baik untuk menyikat sebelum sarapan. Ini memiliki manfaat tambahan bisa meninggalkan lapisan pelindung fluoride pada gigi sebelum Anda mulai makan.

Jika Anda ingin menyegarkan mulut Anda setelah itu, bilas dengan air atau obat kumur sebelum meninggalkan rumah - atau mengunyah permen karet bebas gula.

6. Waspada yang bisa menyebabkan pembusukan

Jus buah tidak lebih baik dari minuman bersoda ketika berbicara tentang kerusakan gigi pada gigi anak-anak dan buah kering merupakan salah satu penyebab terburuk. "Breadsticks, kacang-kacangan, biji-bijian, kue beras dan keju yang lebih baik," kata Karen.

Baik anak-anak dan orang dewasa harus mencoba untuk menghindari ngemil karena itu membutuhkan waktu satu jam bagi air liur untuk menetralkan asam plak, sehingga setiap gigitan, jam dimulai dari awal lagi.

Anda juga harus minum dengan sedotan sehingga gula lebih sedikit kontak dengan gigi, dan selesaikan makan dengan keju daripada buah, kata Dr Druian. "Keju membantu menghasilkan air liur, yang terbaik untuk pertahanan alami terhadap gigi berlubang dan penyakit gusi.

7. Gigi susu bermasalah

Gigi ini memberikan dasar untuk kekuatan, kesehatan gigi orang dewasa, dan jika copot lebih awal karena pembusukan, gigi dewasa mungkin tumbuh dengan posisi yang salah, yang membutuhkan pengobatan spesialis ortodontik.

Liputan6
Fakta Mengejutkan Tentang Gigi Rusak dan Cara Mengatasinya Fakta Mengejutkan Tentang Gigi Rusak dan Cara Mengatasinya Reviewed by Isi Kotak on February 10, 2013 Rating: 5

No comments