Konsol Game Android Ouya Akan Rilis Versi Terbaru Tiap Tahun




Sistem operasi Android kini tak hanya digunakan di perangkat telekomunikasi mobile, tapi juga sudah digunakan di konsol game. Konsol game berbasis Android Ouya (baca: ooo-yah), sepertinya juga mengikuti jejak perangkat mobile dengan dirilisnya versi terbaru tiap tahun.

Dilansir dari laman Engadget, Jumat (8/2/2013), CEO Ouya, Julie Uhrman, mengaku tidak akan menerapkan strategi yang digunakan konsol tradisional, yaitu memperkenalkan generasi terbaru konsolnya tiap lima hingga tujuh tahun.

"Strategi kami sama seperti yang digunakan di perangkat mobile," ucap Uhrman. "Akan ada Ouya baru tiap tahun. Akan ada Ouya 2, dan Ouya 3," tambahnya.

Saat ini, konsol game Ouya didukung oleh prosesor quadcore Nvidia Tegra 3 dan Android Jelly Bean. Spesifikasi pendukung lain pun setara smartphone kelas atas, misalnya internal flash memory 8 GB, RAM 1 GB, HDMI 1080p, grafis Nvidia GeForce ULP, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, port ethernet, serta controller nirkabel.

Tentu jika ada generasi terbaru, maka spesifikasi yang digunakan pun akan lebih baik. Ada kemungkinan penggunaan Tegra 4 di Ouya 2 misalnya, atau penggunaan sistem operasi Android Key Lime Pie.

"Kami akan memanfaatkan prosesor yang lebih cepat dan lebih baik, dan akan memanfaatkan harga yang akan turun. Jadi jika kami bisa mendapatkan lebih dari kapasitas 8 GB di flash memory, kami juga akan menggunakannya," ucap Uhrman.

Saat ini, prosesor yang digunakan Ouya adalah Tegra 3 terbaik dengan clocking yang dioptimalkan hingga 1,6 GHz. Sebagai konsol rumahan dan bukan konsol mobile yang mengandalkan baterai, Uhrman pun menyebut Ouya, "perangkat terbaik dengan Tegra 3".

Kerjasama Ouya dengan Nvidia sebagai pembuat chip Tegra sepertinya akan terus berlanjut. Selama ini, Uhrman menilai Nvidia sudah memberikan dukungan chip dengan kemampuan optimal dan terbaik.

Bersedia ganti tiap tahun?

Tapi apakah gamer bersedia mengganti konsolnya tiap tahun? Faktor harga tentu menjadi pertimbangan. Saat dirilis perdana nanti, konsol Android ini akan dibanderol seharga US$ 99 dengan satu controller. Tambahan controller akan dikenakan biaya US$ 49.

Tapi Uhrman mengatakan Ouya akan mempertimbangkan faktor kompabilitas game lama di konsol baru. "Semua game akan kompatibel untuk versi terdahulu," ucapnya.

Uhrman pun berjanji bahwa game ini akan memiliki ikatan kepada gamer, dan bukan seperti ikatan lisensi game kepada hardware yang digunakan.

Jika Ouya berhasil mencuri hati para gamer, tentunya para gamer tak akan keberatan untuk mengikuti versi terbaru tiap tahun

Liputan6
Konsol Game Android Ouya Akan Rilis Versi Terbaru Tiap Tahun Konsol Game Android Ouya Akan Rilis Versi Terbaru Tiap Tahun Reviewed by Isi Kotak on February 10, 2013 Rating: 5

No comments