Mobile Internet Akan Selamatkan Industri Telekomunikasi Di Indonesia




Ponsel tak lagi difungsikan sekedar sebagai alat komunikasi oleh para penggunanya. Perangkat ponsel yang tak hanya digunakan menelepon dan berkirim pesan membuat pendapatan operator telekomunikasi dari layanan suara ikut menurun.

Namun, Frost & Sullivan memprediksi mobile internet akan menjadi 'penyelamat' industri telekomunikasi Indonesia di tahun 2013. Demam internet mobile yang saat ini sedang melanda tanah air diperkirakan bakal berkontribusi pada pertumbuhan industri telekomunikasi.

"Harga smartphone makin murah dan tingginya tingkat adopsi sosial media mempengaruhi pertumbuhan bisnis mobile internet di Indonesia," ungkap Dev Yusmananda, Head of Consulting ICT Practice Indonesia, Frost & Sullivan, kemarin.

Ia juga menilai internet mobile juga akan membuka cakrawala baru pendapatan operator layanan telekomunikasi di luar segmen data.

"Layanan data mobile menawarkan nilai tambah untuk menjadi sumber pertumbuhan pendapatan yang penting bagi operator," tambah Dev.

Konten di ranah mobile dianggap Dev menjadi salah satu pemasukan yang mampu mendorong jumlah pendapatan dari perangkat mobile. Akan tetapi, Dev menyebutkan operator harus lebih inovatif untuk bisa meraup untung dari bisnis internet mobile.

liputan6
Mobile Internet Akan Selamatkan Industri Telekomunikasi Di Indonesia Mobile Internet Akan Selamatkan Industri Telekomunikasi Di Indonesia Reviewed by Isi Kotak on February 10, 2013 Rating: 5

No comments