App Android Populer Ini Ternyata Berbahaya

CamScanner

Kalo Kamu install aplikasi CamScanner di android kamu, sebaiknya kamu harus waspada. Para peneliti di perusahaan keamanan internet  kaspersky labs telah menemukan malware di aplikasi CamScanner yang terutama digunakan oleh orang orang untuk membuat PDF. Aplikasi in telah di unduh oleh ratusan juta pengguna android. Aplikasi ini awalnya bukan malware dan adalah aplikasi yang sah.

"CamScanner sebenarnya adalah aplikasi yang sah,  tanpa niat jahat apa pun, untuk beberapa waktu. aplikasi itu menggunakan iklan untuk monetasi dan bahkan memungkinkan pembelian dalam aplikasi," kata Kaspersky Labs dalam postingan blognya.

Namun, masalahnya adalah dengan versi terbaru aplikasi ini dikirimkan dengan pustaka iklan yang mengandung modul jahat, klaimnya.

Para oeneliti mengklaim bahwa aplikasi ini mendeteki modul yang disebuut "Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n"."Modul ini adalah trojan dropper yang berarti modul mengestrak dan menjalankan modul jahat lainnya dari file terenkripsi yang disertakan dalam sumber daya aplikasi. Malware yang dijatuhkan ini pada gilirannya, adalah pengunduh trojan yang mengunduh lebih banyak modul jahat bergantung pada apa yang sedang dibuat pembuatnya saat ini. jelas laporan itu, dengan modul trojan dropper ini, aplikasi tertentu dapat menampilkan iklan yang mengganggu dan mendaftarkan pengguna untuk berlangganan berbayar.

Beberapa waktu lalu Google telah menghapus aplikasi dari Play Store dan pengguna disarankan untuk segera menghapus instalan aplikasi.

Namun setelah beberapa saat aplikasi ini muncul kembali di playstore, mungkin dengan muncul kembalinya aplikasi ini, malware yang di selipkan pada aplikasi ini sudah di hapus dan cam scanner mulai beroprasi sesuai ketentuan yang berlaku.

sementara, Google telah membuat beberapa perubahan diam-diam untuk menerbitkan aplikasi Android baru di Google Play Store. Google sekarang telah mewajibkan semua aplikasi Android baru membutuhkan setidaknya tiga hari untuk persetujuan. ini berarti kamu tidak dapat mempublikasikan aplikasi android dalam rentang waktu yang singkat. selain itu pengembang tidak akan diberi tanggal atau kerangka waktu spesifik kapan proses persetujuan akan berakhir. Alasan untuk proses persetujuan minimum tigaa hari ini adalah untuk membantu melindungi pengguna dengan lebih baik.

Lalu apa tanggapak kamu mengenai hal ini? komentar di bawah ya
App Android Populer Ini Ternyata Berbahaya App Android Populer Ini Ternyata Berbahaya Reviewed by Isi Kotak on September 11, 2019 Rating: 5

No comments