Cari Tahu Kapan Ponsel Anda Mendapatkan Pembaruan Android 10

Android 10
Google akhirnya merilis versi terbaru dari sistem operasi selulernya. Awalnya Android diberi nama kode Q, Android 10 dijejali dengan fitur-fitur baru, termasuk mode gelap, captioning langsung (meskipun tidak saat peluncuran), gerakan tepi-ke-tepi serta dukungan untuk ponsel lipat dan 5G - yang sebagian besar tidak datang sebagai kejutan karena Google telah meluncurkan beberapa detail pada konferensi pengembang tahunannya pada bulan Mei.

Ponsel mana yang sudah bisa mengunduh Android 10?
Rilis Android cenderung datang ke handset Google terlebih dahulu, sehingga ponsel Pixel adalah satu-satunya perangkat yang dapat di-upgrade, saat rilis diluncurkan, dari tanggal 3 September. Namun, Google merilis enam versi beta sejak mengumumkan Android 10 di Maret, memungkinkan produsen dan pengembang aplikasi untuk menguji fitur-fitur baru dan bersiap untuk rilis resmi, sehingga produsen lain mungkin lebih cepat untuk mengadopsinya daripada yang lain.

Samsung
Android 10 tersedia untuk ponsel yang dapat dilipat, jadi, tentu saja, kami berharap Samsung Galaxy Fold akan mengadopsi sistem operasi baru ketika diluncurkan kembali setelah bencana awal. Namun perusahaan Korea Selatan saat ini masih belum merilis roadmap Android 10 untuk perangkat yang ada dan yang akan datang. Namun di benua Eropa, juru bicara perusahaan mengkonfirmasi bahwa Android 10 akan mulai diluncurkan ke ponsel andalan pada akhir tahun ini.

Seri OnePlus 6, 6T dan 7
Versi beta terbaru tersedia untuk seri OnePlus 6 / 6T dan 7 dan dapat diunduh di situs web perusahaan. Beberapa pengguna telah menguji fitur inti selama beberapa bulan terakhir dan melaporkan berbagai bug di sekitar gerakan, tombol beranda dan tema gelap - tetapi ini tidak jarang dengan versi beta. Ketika ditanya tentang rilis resmi Android 10, juru bicara perusahaan tidak dapat berbagi rincian lebih lanjut tentang rilis final.

HTC
HTC baru saja mulai meluncurkan Android Pie ke model U11 dan U12 - dan karena pabrikan Taiwan belum masuk dalam daftar mitra Google untuk versi beta - Android 10 mungkin masih lama.

Huawei Mate 20 Pro dan P30, Honor 20 series
Meskipun Google telah mencabut lisensi Android Huawei sebagai hasil dari pemerintah AS menambahkan perusahaan Cina ke daftar hitam perdagangannya, handset yang ada masih akan dapat menggunakan sistem operasi.

Mate 20 Pro diperkirakan akan ditingkatkan ke Android 10 dalam beberapa minggu ke depan, atau bahkan berhari-hari, dan Huawei mengatakan akan menambah perangkat populer berikut pada waktunya:

Seri P30
Mate 20, Mate 20 lite dan Mate 20 X
Mate 10 dan Mate 10 Pro
DESAIN PORSCHE Mate 20 RS
DESAIN PORSCHE Mate 10
P pintar 2019 dan P pintar + 2019
P pintar Z
Honor, yang merupakan anak perusahaan Huawei, mengatakan bahwa perangkat berikut akan dapat mengakses Android 10 pada bulan November:

Honor 10 dan Honor 10 Lite
Seri Honor 20 (Honor 20, Honor 20 Lite, dan Honor 20 Pro)
Lihat Kehormatan 20
Sementara itu, Huawei memamerkan sistem operasi open-source yang akan datang, Harmony OS, pada konferensi pengembang pada bulan Agustus. Harmony OS, atau Hongmeng seperti yang disebut di Cina, dirancang untuk bekerja pada tablet, speaker pintar, jam tangan pintar, sistem dalam mobil tetapi tidak untuk smartphone - setidaknya, belum.

Sony Xperia XZ3
Xperia XZ3 adalah satu-satunya perangkat Sony yang ada dalam Android 10 beta. Sony cukup cepat mengadopsi Android Pie dan memutakhirkan dua perangkat XZ2 dalam waktu dua bulan. Tetapi perusahaan belum merilis peta jalan untuk Android 10 dan belum menanggapi permintaan WIRED.

Nokia 9 PureView, 8.1 dan 7.1
Nokia memiliki catatan pembaruan cepat yang kuat. HMD Global, perusahaan yang memproduksi ponsel Nokia, membagikan rencana peluncurannya untuk Android 10 pada bulan Agustus. Sistem operasi baru akan tersedia di seluruh portofolio ponsel pintar Nokia - yang menurut kepala produk HMD Global Juho Sarvikas adalah pengecualian, dibandingkan dengan pabrikan lain.

Pada Model-model dibawah ini akan ditingkatkan pada oktober hingga desember tahun 2019:

Nokia 9 PureView
Nokia 8.1
Nokia 7.1
Model-model ini diharapkan mendapatkan pembaharuan juga pada awal 2020:
Nokia 7 Plus
Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus
Nokia 4.2
Nokia 3.2
Nokia 3.1 Plus
Nokia 2.2

Reff wired[dot]co[dot]uk
Cari Tahu Kapan Ponsel Anda Mendapatkan Pembaruan Android 10 Cari Tahu Kapan Ponsel Anda Mendapatkan Pembaruan Android 10 Reviewed by Isi Kotak on September 09, 2019 Rating: 5

No comments